logo-raywhite-offcanvas

04 Nov 2022

Realisasikan Impianmu Membeli Rumah Pertama Kali di Usia Muda

Realisasikan Impianmu Membeli Rumah Pertama Kali di Usia Muda

Rumah merupakan kebutuhan primer bagi sebagian besar orang khususnya di Indonesia. Membeli rumah bukanlah suatu hal yang mudah dan praktis dilakukan oleh banyak orang khususnya bagi Anda yang masih belum memiliki pengalaman dalam membuat rumah. Butuh persiapan dan pertimbangan yang matang untuk bisa memiliki rumah yang sesuai dengan kriteria Anda. 

Membeli rumah di usia muda bukan merupakan suatu hal yang tidak mungkin, asalkan Anda bisa merencanakan persiapan dan strategi serta pertimbangan sematang-matangnya agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Lantas, apakah Anda juga memiliki keinginan yang sama yaitu membeli rumah pertama di usia muda? Simak beberapa tips di bawah ini supaya agar tidak kagok saat membeli rumah pertama kali!

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips yang pertama adalah dengan memilih rumah yang tepat sesuai kebutuhanmu. Pilihlah rumah yang bisa memenuhi segala kebutuhanmu mulai dari luas bangunan, luas tanah, jumlah kamar maupun ruangan, jumlah lantai hingga fasilitas rumah maupun perumahannya. Perlu diingat bahwa setiap orang pasti memiliki kriteria kebutuhan rumah yang berbeda-beda sehingga sangat penting bagi Anda untuk bisa merumuskan kebutuhan Anda sebaik mungkin untuk bisa memperoleh rumah yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

2. Persiapan budget yang matang

Persiapan budget ini bisa Anda mulai dari menyisihkan uang penghasilan Anda setiap bulannya dan juga berhemat adalah salah satu kunci agar persiapan tersebut berhasil. Hal lain yang juga bisa lakukan adalah dengan mencari pekerjaan sampingan karena dengan begitu, pemasukan Anda juga akan bertambah sehingga bisa memudahkan dalam persiapan budget

Penting juga bagi Anda untuk bisa menyesuaikan budget dengan harga rumah yang ingin dibeli. Ada dua metode pembayaran yang dapat Anda ambil yakni KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dan cash keras. Sangat dianjurkan untuk Anda melakukan perhitungan yang terperinci agar Anda bisa menentukan sendiri penggunaan metode pembayaran mana yang Anda mampu lakukan. 

3. Tanamkan konsep rumah sebagai investasi jangka panjang

Nyatanya dalam membeli rumah, Anda juga dituntut untuk menjadi lebih visioner, dimana Anda harus memiliki pandangan dan wawasan jauh ke depan terhadap rumah yang Anda akan beli. Fakta bahwa harga properti yang cenderung akan selalu meningkat setiap tahunnya membuka peluang bahwa rumah merupakan salah satu aset yang bisa Anda jadikan sebagai investasi jangka panjang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bisa lebih teliti dalam pemilihan konstruksi rumah. Pastikan konstruksi rumah yang akan Anda beli kokoh dan menggunakan bahan material yang bagus sehingga rumah akan terus bertahan dalam kondisi yang baik untuk waktu yang lama. 

4. Gunakan jasa agen real estate

Bagi Anda yang masih kesusahan menemukan rumah yang cocok dan sesuai dengan kriteria Anda, penggunaan jasa agen real estate akan sangat membantu dalam hal tersebut. Hal ini dikarenakan, agen real estate yang berpengalaman akan bisa mengetahui lebih baik rumah mana yang cocok dengan kriteria Anda. Anda bisa mengkonsultasikan segala kebutuhan Anda terkait rumah yang dicari dan mereka akan mencarikan pilihan-pilihan rumah yang bisa memenuhi kebutuhanmu. Ditambah, dengan menggunakan jasa agen real estate akan lebih memudahkan proses dan mempersingkat waktu dalam pembelian rumah, khususnya bagi Anda yang masih baru pertama kali dalam membeli rumah. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir  lagi saat membeli rumah karena segala hal proses pembelian rumah akan sepenuhnya dibantu oleh agen real estate Anda. 

Itulah beberapa tips membeli rumah pertama kali di usia muda. Janganlah berpaku pada perkataan banyak orang yang menyebut bahwa membeli rumah di usia muda merupakan hal yang tidak mungkin. Anda dapat menerapkan tips-tips di atas dengan baik, segala hal akan terwujud karena jika ada niat pasti akan ada jalan. Jangan pernah ragu untuk wujudkan impianmu mempunyai rumah di usia muda. Kami, Ray White Senayan senantiasa hadir untuk membantu mencari rumah impian Anda.

Share