logo-raywhite-offcanvas

04 Jun 2024

Dinding Rumah Berjamur? Dalami Penyebab dan Pencegahannya!

Dinding Rumah Berjamur? Dalami Penyebab dan Pencegahannya!

Salah satu permasalahan umum yang bisa terjadi pada setiap rumah adalah kerusakan dinding. Salah satu kerusakan dinding yang umum terjadi dikarenakan adanya jamur. Penyebab dari dinding rumah berjamur disebabkan oleh berbagai faktor. Dinding rumah berjamur juga memiliki dampak negatif bagi penghuninya, salah satunya dalam masalah kesehatan. Mulai dari penyakit diare, infeksi saluran pernafasan dan saluran kemih bisa terjadi akibat bakteri-bakteri yang timbul dari dinding rumah berjamur. Maka dari itu, paham untuk mengetahui penyebab dan cara mencegah dinding rumah berjamur, supaya tidak terjadi pada rumah Anda. 


Penyebab dari dinding rumah berjamur

1. Kondisi rumah yang lembab

Penyebab utama dari dinding rumah yang berjamur adalah suhu ruangan pada rumah yang sangat lembab. Kondisi rumah yang lembab bisa dipicu dari lingkungan tempat tinggal yang daerahnya memang lembab, dan tidak hanya itu, daerah yang panas dan kering pun bisa muncul dinding rumah berjamur. 

2. Adanya kebocoran pada rumah


Penyebab selanjutnya dari dinding rumah berjamur adalah terdapat kebocoran air. Umumnya, kebocoran air yang dapat menyebabkan dinding rumah berjamur adalah pipa yang bocor yang dapat meneteskan air yang masuk ke dalam rangka rumah dan akan menyebabkan penumpukkan kelembaban dan akan menjadi jamur pada dinding rumah. Selain itu, atap yang bocor akibat kondisi cuaca ekstrem seperti hujan yang sangat lebat juga bisa menimbulkan jamur pada dinding rumah. Maka dari itu, jika sudah terdapat kebocoran pada atap rumah, harus segera diperbaiki supaya tidak terjadi dinding rumah yang berjamur.


3. Kurangnya ventilasi udara


Pertumbuhan dan perkembangan jamur pada dinding sangat mungkin terjadi jika rumah tidak memiliki ventilasi udara yang baik. Uap atau air yang muncul ketika kita sedang mandi, memasak, menjemur baju, dan lainnya, jika tidak tersedia ventilasi udara yang baik, akan menimbulkan permukaan yang lembab dan kemudian akan menyebabkan dinding rumah yang berjamur.


4. Rumah yang pernah terkena banjir


Penyebab utama dari dinding rumah berjamur adalah akibat dari terkena banjir. Rumah yang pernah terendam banjir, akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sepenuhnya kering. Maka dari itu, pertumbuhan dan perkembangan jamur pada rumah yang terendam banjir sangat mungkin untuk terjadi. 


Setelah mengetahui beberapa penyebab yang paling umum dari dinding rumah berjamur, Anda juga harus mengetahui hal yang paling pentingnya, yaitu bagaimana caranya mencegah dinding rumah dari berjamur, supaya tidak terjadi di rumah Anda.


Mencegah dinding rumah berjamur


1. Pastikan ventilasi yang baik


Salah satu cara pencegahan utama adalah sediakan ventilasi udara yang baik pada rumah Anda. Selalu buka jendela atau pintu rumah secara rutin setiap harinya, supaya rumah tidak bersuhu lembab dan rumah juga mendapatkan sirkulasi udara yang baik, sehingga bisa mencegah pertumbuhan dan perkembangan jamur pada dinding rumah.


2. Gunakan cat atau pelapis tahan air


Terdapat cat atau pelapis tahan air untuk dinding rumah yang secara khusus untuk mencegah dari pertumbuhan dan perkembangan jamur pada dinding rumah. Tidak hanya itu, cat atau pelapis tahan air juga bisa mencegah kerusakan dinding rumah.


3. Hindari menumpuk barang di dekat dinding


Menumpuk barang-barang di dekat dinding juga sangat memungkinkan untuk perkembangan dan pertumbuhan jamur, karena terhambatnya sirkulasi udara. Selalu hindari menumpuk barang di dekat dinding, dan susun secara optimal supaya kelembaban tetap terjaga dan mencegah dinding rumah berjamur.


4. Gunakan dehumidifier pada ruangan


Salah satu cara tambahan mencegah dinding rumah berjamur adalah dengan menggunakan humidifier. Dehumidifier memiliki fungsi khusu untuk menjaga kelembaban udara pada ruangan dan mencegah pertumbuhan bakteri. Dengan ruangan yang terjaga kelembabannya, maka akan mencegah dinding rumah berjamur.


Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, maka rumah Anda bisa terhindar dari penyebab-penyebab dinding rumah berjamur. Namun, jika dinding pada rumah Anda sudah terinfeksi dengan jamur, Anda harus segera mengatasinya dengan cepat, supaya pertumbuhan dan perkembangan jamur tidak semakin bertambah dan Anda tidak terserang penyakit yang diakibatkan oleh adanya jamur pada dinding rumah.


Jika Anda sedang mencari hunian yang nyaman dan aman, Anda bisa dapatkan di Ray White Senayan. Ray White Senayan sebagai bagian dari kantor agen properti terbaik Ray White (Indonesia) hadir untuk Anda dan siap memenuhi berbagai kebutuhan Anda terkait layanan jual/beli, sewa, pengelolaan properti, dan proyek pengembangan properti di kawasan sekitar Senayan. Silahkan kunjungi website Ray White Senayan di https://senayan.raywhite.co.id atau hubungi Ray White Senayan di (62-21) 270 90 888 atau senayan@raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!


Written by: Jasmine Azzahra Siregar (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by: Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)


Share