logo-raywhite-offcanvas

06 May 2024

Terapkan Tips Ini untuk Memaksimalkan Ruang Kecil di Apartemen Studio

Terapkan Tips Ini untuk Memaksimalkan Ruang Kecil di Apartemen Studio

Tinggal pada hunian di apartemen dengan tipe studio bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya. Dengan ukuran ruang yang cukup kecil dan minimalis, maka pemilik hunian harus memaksimalkan setiap ruang supaya tidak terasa sempit dan masih nyaman untuk ditempati. Dengan sedikit kreativitas serta perencanaan yang matang, ruang kecil apartemen tipe studio bisa menjadi hunian yang fungsional. Berikut merupakan tips yang bisa Anda lakukan jika ingin memaksimalkan ruang kecil pada hunian di apartemen tipe studio.

1. Gunakan furnitur yang multifungsi

Cara untuk mengoptimalkan ruang apartemen tipe studio yang kecil agar terasa cukup luas adalah dengan menggunakan furnitur yang multifungsi dan compact. Misalnya, Anda bisa menggunakan sofabed, kabinet dapur yang bisa dijadikan menjadi meja makan, atau dipan kasur yang memiliki laci untuk menaruh barang, dan lain sebagainya.

2. Gunakan warna netral pada ruangan dan perabotan

Warna-warna netral dan cerah bisa membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Anda bisa menggunakan warna putih, krem, atau abu-abu untuk dinding, lantai, serta perabotan di hunian Anda. Jika Anda ingin menambahkan warna lainnya, Anda bisa menggunakan warna tambahan untuk barang dekoratif tambahan seperti bantal, karpet, dan lainnya.

3. Gunakan lemari atau rak transparan minimalis sebagai pembatas ruang

Hunian apartemen tipe studio menjadikan seluruh ruangan seperti kamar tidur dan area dapur dan tempat makan pada hunian menjadi satu tanpa sekat kecuali kamar mandi. Maka dari itu, memiliki pembatas dengan menggunakan lemari atau rak transparan minimalis sangat penting supaya terdapat batasan yang jelas antar ruang. 

Pembatas dengan menggunakan lemari atau rak yang transparan juga bisa Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan barang esensial ataupun hanya sekadar untuk menaruh dekorasi ruangan, dan tetap menjadikan suasana hunian tetap nyaman dan rapi.


4. Maksimalkan pencahayaan

Pencahayaan alami dari sinar terik matahari atau dengan lampu sangat efektif untuk membuat hunian Anda menjadi terasa lebih luas dan cerah. Untuk pencahayaan yang baik juga kamu bisa menggunakan cat dinding abu-abu, karena dapat memantulkan cahaya dengan baik keseluruh ruangan, atau Anda juga bisa menambah cermin yang besar untuk memberikan ilusi ruangan menjadi luas dan lebih cerah.


5. Manfaatkan zona vertikal


Dengan ruangan yang cukup terbatas, maka Anda harus memikirkan bagaimana caranya untuk mengoptimalkan ruang. Salah satu caranya adalah memanfaatkan zona vertikal ruangan, seperti menggunakan rak atau lemari yang tinggi atau Anda bisa menggunakan rak ambalan dinding untuk menaruh perabotan atau dekorasi.


Berikut adalah tips untuk memaksimalkan ruang kecil pada hunian di apartemen dengan tipe studio. Jika Anda sedang mencari apartemen dengan tipe studio atau hunian lainnya, Anda bisa dapatkan di Ray White Senayan. Ray White Senayan sebagai bagian dari kantor agen properti terbaik Ray White (Indonesia) hadir untuk Anda dan siap memenuhi berbagai kebutuhan Anda terkait layanan jual/beli, sewa, pengelolaan properti, dan proyek pengembangan properti di kawasan sekitar Senayan. Silahkan kunjungi website Ray White Senayan di https://senayan.raywhite.co.id/ untuk informasi lebih lanjut atau hubungi Ray White Senayan di (62-21) 270 90 888 atau senayan@raywhite.co.id


Written by: Jasmine Azzahra Siregar (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Editor: Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by: Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)


Share